Sabtu, 09 Januari 2010

Oleh karena itu Kaderisasi adalah proyek RAKSASA…dan kerja BESAR..


Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung (Ali ‘Imron: 104)

Berawal…

Dari manusia adalah salah satu sumber daya yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Kenapa? Karena kemampuan manusia dapat memberdayakan sumber daya yang lain yang ada di organisasi. Organisasi tak kan ada apabila manusia tidak ada..Organisasi tak bisa berdiri tanpa ada manusia didalamnya. Organisasi menjadi besar dengan Manusia yang dapat menghasilkan karya besar.

Beruntunglah bagi organisasi yang memiliki sumber daya manusia. Dan tidak hanya ada sumber daya manusia (SDM) tapi juga memiliki potensi atau kemampuan yang tangguh baik kuantitas maupun kualitasnya. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan SDM yang disebut Kaderisasi atau ada yang menamainya dengan Human Resource Development (HRD).

Kaderisasi/HRD adalah sebuah transformasi nilai-nilai dan sebuah proses pengoptimalan potensi-potensi manusia. Kaderisasi merupakan sebuah mekanisme atau proses dalam mencetak SDM yang unggul atau tangguh di segala bidang. SDM disini suka disebut dengan istilah kader. Yang dimaksud kader adalah orang yang dipercaya mampu melanjutkan dan melaksanakan tugas-tugas yang ada dalam suatu organisasi (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Proses memunculkan kader yang tangguh baik secara kuantitas maupun kualitas bukanlah hal yang mudah karena ia memerlukan kesungguhan, kesabaran, dan kerjasama dari semua pihak untuk mewujudkannya. Proses kaderisasi tak bisa hanya sekali waktu saja berjalan dan hadir, tetapi proses tersebut ibarat sebuah motor dalam mesin yang senantiasa berputar agar roda organisasi dapat berputar dan berjalan maju..

Kaderisasi memiliki fokus kerja yaitu Kaderisasi itu sendiri (mencetak kader), penjagaan terhadap kader, pengembangan dan pemberdayaan SDM, dan penyediaan database kader yang akan sangat bermanfaat dalam memperlancar kinerja organisasi. Ada juga yang menyebutkan dua fokus kerja Kaderisasi yaitu pembinaan dan pemberdayaan.

Dalam kegiatan atau program kerja Kaderisasi harus ditujukan untuk pengembangan pribadi kader secara menyeluruh. Kaderisasi juga harus dapat mengembangkan kader-kader yang unggul di segala bidang termasuk akademik sehingga apabila itu terpenuhi maka insyaAllah akan terciptanya kinerja organisasi yang baik dan visi organisasi pun akan tercapai.

Jika saja organisasi ini diibaratkan pohon tentu saja nanti di tengah perjalanan hidupnya akan kita dapati daunnya yang berguguran seperti juga kadernya. Sebagai realita, hal tersebut tidak dapat dicegah, namun melalui proses pembinaan dan penjagaan yang baik sebagai peran utama dari Kaderisasi/HRD diharapkan daun yang berguguran itu dapat diminimalisasi sehingga kelak akan kita dapati kader-kader yang dapat diandalkan dan mengabdi di organisasinya.

Dan Akhirnya....

kami sadari bahwa kaderisasi merupakan sesuatu paling fundamenal dari keberlangsungan sebuah organisasi. Dengan kaderisasi maka nilai-nilai yang dibawa oleh suatu organisasi dapat terus berlangsung, di wariskan kepada generasi sesudahnya...


Wallahu a’lam

Sabtu, 9 Januari 2010
Andria Pragholapati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.